PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DAM MARGOTIRTO DI DESA GISTING BAWAH KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS.

ARIZ NISRINA , 1416011016 (2018) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DAM MARGOTIRTO DI DESA GISTING BAWAH KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (680Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (650Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat Desa Gisting Bawah dalam pembangunan dan pengembangan Objek Wisata Dam Margotirto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitaif. Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pengembangan Objek Wisata Dam Margotirto adalah (1) sumbangan ide/gagasan, (2) sumbangan tenaga, serta (3) sumbangan dana dan harta benda. Tingkat partisipasi masyarakat dalam perencanaan tinggi, dalam pelaksanaan sedang, dalam pemanfaatan hasil rendah dan dalam evaluasi pada tingkatan yang tinggi. Kemudian terdapat hambatan partisipasi yang berasal dari pihak internal dan juga eksternal masyarakat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa masyarakat Desa Gisting Bawah telah berpartisipasi dengan baik dalam proses pembangunan dan pengembangan objek wisata Dam Margotirto. Kata kunci: partisipasi masyarakat, pembangunan, pengembangan, masyarakat desa. abstract This research aims to describe the participation of the community Gisting Bawah Villages in the establishment and development of Dam Margotirto Tourism Object. This research method used is qualitative descriptive. Data collection techniques used are interview, observation and documentation. The result of this research indicates the form participation of community in the establishment and development of Dam Margotirto Tourism Object are (1) ideas/thoughts, (2) fund and property donations, and (3) effort. The level of participation of community in planning at high level, in implementation stage is at medium level, then participation in the utilization of the results is at a low level and participation in the evaluation stage is at a high level. Then, there are obstacles faced by communities from internal and external communities. Thus it can be said that the community of Gisting Bawah Village has participated well in the establishment and development of Dam Margotirto Tourism Object. Keywords: community participation, establishment, development, village community.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 201886958 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2018 06:42
Terakhir diubah: 05 Jun 2018 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir