PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI PARAQUAT DIKLORIDA

DIAN ANGGRAINI , 1417021027 (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI PARAQUAT DIKLORIDA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (932Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (933Kb) | Preview

Abstrak

Paraquat adalah salah satu bahan kimia yang memberikan kontribusi cukup besar sebagai sumber pencemaran di Indonesia. Penggunaan paraquat secara sembarangan dapat menyebabkan meningkatnya produksi ROS (Reactive Oxygen Species) sehingga mengakibatkan kerusakan berbagai macam organ penting dan gangguan sistem reproduksi seperti infertilitas. ROS di dalam tubuh dapat ditangkap oleh antioksidan. Jahe merah mengandung antioksidan yang tinggi karena terdapat senyawa aktif fenolik seperti, gingerol, shagaol, zingeron, ginggerdiol, dan zingibren yang terbukti mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat serangan ROS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas ekstrak jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) terhadap kuantitas dan kualitas spermatozoa pada mencit jantan (Mus musculus L.) yang di induksi paraquat diklorida. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terbagi dalam 6 kelompok perlakuan dengan masing- masing 4 ulangan. Kelompok K1 sebagai kontrol (diberi H2O), K2 (diinduksi paraquat dengan dosis 20 mg/kg BB tanpa pemberian bahan uji), K3, K4, K5 (diinduksi paraquat dengan dosis 20 mg/kg BB dan diberi ekstrak jahe merah dengan dosis berturut-turut 6 mg/ml, 12 mg/ml, 18 mg/ml) dan K6 (Hanya diberi bahan uji ekstrak jahe merah sebanyak 18 mg/ml). Paraquat diberikan 2 kali dalam seminggu selama 21 hari dan ekstrak jahe merah diberikan selama 35 hari. Hasil analisis dengan One-way ANOVA dan dilanjutkan BNT pada taraf nyata 5% menunjukan pemberian ekstrak etanol jahe merah dapat meningkatkan jumlah, motilitas, viabilitas dan morfologi spermatozoa mencit akibat induksi paraquat diklorida. Kata Kunci : Zingiber officinale Roxb. var rubrum, Paraquat, Jumlah, Viabiltas, Motilitas, Morfologi, Mus musculus L.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
> RS Pharmacy and materia medica
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201841684 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:24
Terakhir diubah: 05 Jun 2018 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir