PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ALHAFIDZ RIANDENI, 1413093001 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3000Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSITANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3000Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Way Lima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini non-tes dan tes berupa lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru, afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada peningkatan penggunaan model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Way Lima. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran IPA ABSTRACT The problem in this study is the low learning outcomes of students of grade V SD Negeri 2 Way Lima. This study aims to analyze and describe the improvement of student learning outcomes through Project Based Learning. This research uses Classroom Action Research (CAR) method which consists of two cycles and each cycle has four stages of activity, namely: planning, action implementation, observation, and reflection. Instruments used in this study are non-test and test in the form of observation sheet to know teacher performance, affective and psychomotor students and test questions to know student learning outcomes. Data were analyzed using qualitative and quantitative techniques. The result of data analysis obtained by the conclusion that there is an increase of the use of model of Project Based Learning to the result of student learning of Grade V of SD Negeri 2 Way Lima. This is indicated by the average value of student learning outcomes that follow the learning by using the model of Project Based Learning is higher than the average value of student learning outcomes before using the model of Project Based Learning. Keywords : Learning Outcomes, Project Based Learning, Science

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201821496 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:23
Terakhir diubah: 07 Jun 2018 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir