PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI

RISKA MARDIYANA, 1443053049 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1003Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (840Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran temtaik di kelas IV SD Negri 1 Wargomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control grub desain. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Wargomulyo sebanyak 50 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji mann-whaitney U tests dan uji wilcoxon. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 01 Wargomulyo serta ada perbedaan hasil belajar pembelajaran tematik megunakan pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing dan pembelajaran Konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Snowball Throwing. ABSTRACT The problem in this research is still the low of learning result in the study of temtaik in class IV SD Negeri 1 Wargomulyo. This study aims to find out the differences and the influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning model on thematic learning outcomes. This research is an experimental research using nonequivalent control grub design. Population and sample of this research is all student of class IV SD Negeri 01 Wargomulyo as many as 50 students. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using Mann-whaitney U test and wilcoxon test. From the hypothesis testing it can be concluded that there is a significant influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning toward the result of thematic learning of fourth grade students of SD Negeri 01 Wargomulyo and there is difference of thematic learning learning result using Cooperative Type Snowball Throwing and Conventional learning. Keywords: Thematic Learning Outcomes, Snowball Throwing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201896712 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:35
Terakhir diubah: 08 Jun 2018 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31672

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir