PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA RAKYAT

Dian Anggraini, 1623041025 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA RAKYAT. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (840Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1359Kb)

Abstrak

Minat baca siswa yang rendah karena minimnya ketersediaan buku pengayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa "Buku Pengayaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat" dan menggambarkan kelayakannya sebagai bahan bacaan berdasarkan kebutuhan siswa dan guru. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian mengadaptasi enam dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall sehingga menghasilkan buku pengayaan. Penelitian ini menggunakan metode survei, wawancara, dan penyebaran kuesioner pada tiga sekolah dasar di Kota Bandarlampung, yaitu SDN 3 Sawahlama, SDN 2 Kupangteba, dan SD IT Pelita Khoirul Ummah. Pakar materi, media, dan praktisi memvalidasi rancangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku pengayaan berdasarkan kebutuhan siswa dan guru berupa buku pengayaan memiliki multifungsi, untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter. Buku guru memuat indikator pemetaan pembelajaan, rancangan pelaksanaan pembelajaran, dan petunjuk guru. Buku siswa memuat petunjuk siswa dan lembar aktivitas yang dapat menjadi tolok ukur pembentukan karakter siswa. Hasil validasi tiga pakar menunjukkan buku pengayaan ini sangat layak digunakan untuk mendukung GLS dan PPK dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 88 persen. Kata kunci: Buku Pengayaan, Literasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat Lampung ABSTRACT One of the factors behind students’ low reading interest is due to the lack of availability of good enrichment books. This research aims to produce products such as "Enrichment Books to Support The School Literacy Movement and Character Education through Folklores" and describes its feasibility as a reading material based on the needs of students and teachers. The design in this study is Research and Development (R & D). The research procedure adopts six of the ten steps in Borg and Gall's research and development procedures in order to produce enrichment books. This research applies survey method, interview, and questionnaire distribution at three elementary schools in Bandarlampung, namely SDN 3 Sawahlama, SDN 2 Kupangteba, and SD IT Pelita Khoirul Ummah. Academic experts, media, and practitioners validate the research design. The result shows that the development of enrichment books based on the needs of students and teachers in the form of enrichment books has various functions, to support The School Literacy Movement and Character Education. The teacher book includes learning mapping indicators, the design of teaching-learning instructions, and teacher manuals. The student book contains student instructions and activity sheets that can be the measurement for the student character building. The result of validation from three experts shows that this enrichment book is well worth using to support GLS and PPK with an average rate of 88 percent. Keywords: Enrichment Books, Literacy, Strengthening Character Education, Lampung Folklores.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Bibliografi . Ilmu perpustakaan . Sumber informasi > Buku . Menulis . paleografi
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 201819173 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:46
Last Modified: 26 Jun 2018 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31684

Actions (login required)

View Item View Item