KARAKTERISASI PLANLET ANGGREK CATTLEYA (Cattleya sp.) SETELAH DIINDUKSI LARUTAN ATONIK DALAM CEKAMAN KEKERINGAN SECARA IN VITRO

Tara Sesafia Paletri , 1417021116 (2018) KARAKTERISASI PLANLET ANGGREK CATTLEYA (Cattleya sp.) SETELAH DIINDUKSI LARUTAN ATONIK DALAM CEKAMAN KEKERINGAN SECARA IN VITRO. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1277Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1278Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Anggrek Cattleya (Cattleya sp.) merupakan tanaman hias yang banyak digemari masyarakat karena memiliki bentuk dan warna bunga yang indah, selain itu memiliki nilai ekonomi yang tinggi.Kendala dalam pembudidayaan Cattleyaadalah kelembaban yang rendah dan ketersediaan air yang kurang.Penambahaan zat pengatur tumbuh atonik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsentrasi PEG yang dapat ditoleran dan konsentrasi atonik yang optimum untuk pertumbuhan planlet anggrek Cattleya yang tumbuh dalam kondisi cekaman kekeringan, dan karakter spesifik anggrek cattleya yang diamati meliputi kandungan klorofil, indeks stomata, dan kandungan karbohidrat. Penelitian ini dilakukan secara faktorial dengan Rancangan Acak Lengkap (RALF) yang terdiri dari 2 faktor, yaitu larutan atonik dengan 3 taraf: 0 mL/L, 2 mL/L, 3 mL/L serta PEG 6000 dengan 3 taraf: 0%, 20%, 25%, dengan 3 kali ulangan. Homogenitas ragam diuji menggunakan uji Levene dilanjutkan dengan analisis ragam pada taraf nyata 5% dan uji lanjut BNT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi PEG 6000 20% dan 25% masih dapat ditolerir oleh planlet anggrek Cattleya, sedangkan konsentrasi larutan atonik yang optimum untuk pertumbuhan anggrek Cattleya adalah 2 mL/L. Karakter ekspresi planlet anggrek Cattleya yang diperoleh adalah, semakin tinggi konsentrasi PEG 6000 maka kandungan klorofil a, b, total serta indeks stomata mengalami penurunan, sedangkan kandungan karbohidrat terlarut total meningkat. Kata kunci :Cattleya sp. Lindl, Poly Ethylene Glycol 6000, Atonik, in vitro.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201880603 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:01
Terakhir diubah: 25 Jun 2018 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31707

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir