EFEKTIVITAS KONSENTRASI AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) TERHADAP PERTUMBUHAN EKSPLAN KRISAN (Dendranthema grandiflora Tzvelev) KULTIVAR ‘Shamrock Green’ SECARA IN VITRO

Essy Pratiwi, 1417021037 (2018) EFEKTIVITAS KONSENTRASI AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) TERHADAP PERTUMBUHAN EKSPLAN KRISAN (Dendranthema grandiflora Tzvelev) KULTIVAR ‘Shamrock Green’ SECARA IN VITRO. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1704Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1646Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bunga Krisan (Dendranthema grandiflora T.) adalah salah satu jenis tanaman hias populer yang digunakan sebagai bunga potong dan tanaman pot yang banyak digemari di Indonesia. Kendala dalam budidaya krisan adalah rendahnya ketersediaan dan kualitas bibit di lapangan. Dengan menggunakan teknik kultur jaringan diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Salah satu masalah dalam teknik kultur jaringan adalah mahalnya zat pengatur tumbuh (ZPT). Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk menguji efektivitas konsentrasi air kelapa yang dapat menggantikan peran sitokinin sintetik. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi air kelapa yang efektif pada pertumbuhan eksplan Dendranthema grandiflora T. secara in vitro dan mengetahui kandungan klorofil paling optimum pada planlet Dendranthema grandiflora T. secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu konsentrasi air kelapa pada 4 taraf konsentrasi: 0%, 5 %, 10 % dan 15%. Masing-masing konsentrasi dilakukan 6 kali ulangan dan terdiri dari 3 eksplan krisan dalam setiap botol kultur. Data yang diperoleh dari setiap variabel dihomogenkan dengan menggunakan uji Levene kemudian dianalisis dengan menggunakan Analisis Ragam pada taraf nyata 5% dan uji lanjut dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan air kelapa belum memberikan pengaruh terhadap tinggi planlet, jumlah tunas dan jumlah daun planlet krisan dan konsentrasi air kelapa 10% memberikan pengaruh yang optimum terhadap kandungan klorofil b dan klorofil total. Kata kunci: Air kelapa, in vitro, krisan (Dendranthema grandiflora T.), pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201888467 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2018 07:38
Terakhir diubah: 25 Jun 2018 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31714

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir