PENGARUH KOMBINASI TIGA JENIS PUPUK KANDANG DAN DOSIS PUPUK HAYATI LIQUID ORGANIC BIOFERTILIZER (LOB) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

RIZKY ADE MAULITA, 1314121157 (2018) PENGARUH KOMBINASI TIGA JENIS PUPUK KANDANG DAN DOSIS PUPUK HAYATI LIQUID ORGANIC BIOFERTILIZER (LOB) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (654Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (655Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanaman bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang memiliki banyak manfaat dan bernilai ekonomis tinggi serta mempunyai prospek pasar yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi tiga jenis pupuk kandang dan dosis pupuk hayati Liquid Organic Biofertilizer (LOB) dan kombinasi yang lebih baik dari sembilan kombinasi tersebut dalam menghasilkan pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Lapang Terpadu, Fakultas Pertanian, Universitas lampung pada September – November 2017. Rancangan perlakuan dalam penelitian ini adalah tunggal yang merupakan kombinasi antara tiga jenis pupuk kandang dan dosis pupuk hayati. Homogenitas ragam perlakuan diuji dengan menggunakan Uji Barlett dan aditivitas data diuji dengan menggunakan Uji Tukey untuk menguji keabsahan analisis ragam. Jika analisis ragam telah memenuhi asumsi maka pemisahan nilai tengah perlakuan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kombinasi pupuk kandang (ayam, kambing, dan sapi) dosis 20 ton/ha dan pupuk hayati LOB (0, 4, dan 8 ml/m2) tidak memberikan pengaruh pada pertumbuhan (tinggi tanaman, jumlah daun, dan bobot brangkasan kering) dan hasil jumlah umbi bawang merah tetapi memberi pengaruh pada diameter umbi, bobot basah umbi dan bobot kering angin umbi; (2) kombinasi pupuk kandang ayam atau pupuk kandang kambing dan pupuk hayati LOB 8 ml/m2 memberikan nilai yang lebih tinggi pada hasil bawang merah yaitu bobot basah umbi dan bobot kering angin umbi sedangkan kedua pupuk kandang tersebut tanpa LOB dan kombinasi pupuk kandang sapi dengan pupuk hayati menghasilkan nilai yang rendah. Kata kunci : bawang merah, pupuk hayati, pupuk kandang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 201882571 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:51
Terakhir diubah: 25 Jun 2018 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31719

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir