PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

ERLINDA MAHARANI, 1443053019 (2018) PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1445Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1105Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media konkret terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design,. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-B. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan menggunakan media konkret. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran terpadu dan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu dengan media konkret dibandingkan dengan tidak menggunakan media konkret kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Kata kunci: hasil belajar, media konkret, pembelajaran terpadu. ABSTRACT The problem of this study is the low learning outcomes of learners on integrated learning. This study aims to determine the effect of concrete media on learning outcomes of learners. The method used in this research is quasi exsperiment method. The research design used in this research is nonequivalent control group design, so there are experimental class and control class. The population of this research is the students of class IV-A dan IV-B. The Instruments used are the test of learning result and observation sheet of learners activity by using concrete media. Data analysis used simple regression linear test and t-test. Based on he result of the research, it can be concluded thet concrete media have an effect on the result of learning on integrated learning and difference of improvement of learning result of learners in integrated learning using concrete media compared with not using concrete media class IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Keywords : Learning outcomes, concrete media, integrated learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201899131 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2018 08:54
Terakhir diubah: 25 Jun 2018 08:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31725

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir