GAYA BAHASA RETORIS DALAM KUMPULAN PUISI MALAM STANZA KARYA W.S RENDRA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

WINDA LIAHANI, 1413041078 (2018) GAYA BAHASA RETORIS DALAM KUMPULAN PUISI MALAM STANZA KARYA W.S RENDRA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1257Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (845Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa retoris dalam kumpulan puisi Malam Stanza karya W.S Rendra dan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode penelitian yang dipergunakan adalah model deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah puisi dalam kumpulan puisi Malam Stanza karya W.S Rendra. Data yang dianalisis dalam penelitian ini larik-larik pada bait-bait dalam puisi berjumlah 30 puisi yang termuat dalam kumpulan puisi Malam Stanza dan rancangan pembelajarannya di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gaya bahasa retoris dalam kumpulan puisi Malam Stanza karya W.S Rendra. Dalam kumpulan puisi Malam Stanza karya W.S Rendra penggunaan gaya bahasa retoris berjumlah 11 jenis gaya bahasa retoris dan jumlah keseluruhan dengan jumlah 95 penggunaan. Adapun penggunaan gaya bahasa retoris yang digunakan adalah aliterasi, asonansi, apostrof, asindeton, polisindeton, kiasmus, litotes, pleonasme, erotesis, silepsis dan zeugma serta hiperbol. Penggunaan gaya bahasa retoris dalam kumpulan puisi Malam Stanza merupakan suatu usaha penyair untuk memunculkan suasana tertentu yaitu sepi, rindu, jatuh cinta, kematian, peperangan, marah, gembira, sedih, gelisah, benci; dengan sengaja digunakan agar pembaca turut merasakan apa yang dirasakan oleh penyair. Berdasarkan temuan itu, peneliti menyusun rancangan pembelajaran bagi peserta didik kelas X semester genap dengan tujuan pembelajaran memampukan mereka mengidentifikasi, membandingkan, menganalisis dan menulis puisi sesuai dengan KD 3.17 Menganalisis unsur pembangun dalam puisi dan KD 4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Kata Kunci: Gaya Bahasa Retoris, Puisi, Rancangan Pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201866928 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2018 02:21
Terakhir diubah: 26 Jun 2018 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31738

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir