PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN

NADYA VIRGINIA ALDRETI, 1413053080 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ABSTARCT.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1215Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1216Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 3 Tambah Rejo. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Instrumen utama yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan dalam penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Tambah Rejo tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, tematik terpadu. abstract The problem of this research was the students’ result of intergrated thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type Jigsaw implementation to the students’ result of thematic learning and the difference between the use of cooperative learning type Jigsaw and conventional learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The principal instrument that used by researcher are test and sheet of observation. The data analyzed by using simple linear regression formula and t-test. The result shows there is a significant effect and diffrence of the cooperative learning type Jigsaw implementation to the students’ result of integrated thematic learning and there is difference of students’ result of integrated thematic learning by using cooperative learning type Jigsaw at the fourth grade students of SDN 3 T amb a h R e j o academic year 2017/2018. Keywords: integrated thematic, jigsaw, result of learning process.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201826273 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2018 06:38
Terakhir diubah: 26 Jun 2018 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31767

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir