ANALISIS PERBANDINGAN METODE SEISMIK INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK MODEL BASED, BAND LIMITED, DAN SPARSE SPIKE UNTUK KARAKTERISASI RESERVOAR KARBONAT LAPANGAN “NBL” PADA CEKUNGAN NIAS

Nabila Prastika Putri, 1415051050 (2018) ANALISIS PERBANDINGAN METODE SEISMIK INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK MODEL BASED, BAND LIMITED, DAN SPARSE SPIKE UNTUK KARAKTERISASI RESERVOAR KARBONAT LAPANGAN “NBL” PADA CEKUNGAN NIAS. Fakultas Teknik, University of Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4079Kb) | Preview

Abstrak

Metode inversi seismik merupakan salah satu metode untuk dapat menggambarkan dan mengestimasi parameter fisis bawah permukaan bumu yang berupa nilai impedansi dengan menggunakan data sumur sebagai kontrol dan data seismik sebagai input datanya. Tujuan dilakukannya penelitian kali ini adalah menentukan karakter reservoar berdasarkan nilai impedansi akustik yang diperoleh dari proses inversi pada lapisan target berumur Early Pliocene sampai Middle Miocene . Pada data penelitian terdapat 1 data sumur yaitu sumur MD-1 dan data seismik 2D Post Stack Time Migration. Metode analisis yang digunakan adalah melakukan perbandingan hasil penampang seismic dari 3 metode inversi seismik, yaitu Model Based, Band Limited, dan Sparse Spike untuk mendapatkan lapisan prospek hidrokarbon. Target hidrokarbon pada penelitian kali ini gas yang terkandung dalam reservoar karbonat. Melalui analisis 3 metode inversi menunjukkan hasil korelasi yang baik antara sintetik inversi dengan trace seismic yang menghasilkan e < e0 . Setelah dilakukan perbandingan hasil penampang seismik dan pre-analisis inversi metode yang paling baik untuk digunakan interpretasi selanjutnya adalah metode Model Based, karena hasil penampang yang mendukung serta nilai error yang kecil dan korelasi yang cocok (Fitting). Hasil inversi dilakukan Fitting dengan data sumur dan dihasilkan lapisan prospek yang sesuai yaitu pada Late Miocene – Middle Miocene yang memiliki litologi Karbonat Tight.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QC Physics
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 201859853 . Digilib
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:06
Terakhir diubah: 29 Jun 2018 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31814

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir