PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN BERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

MEGA NOVIANA, 1623041016 (2018) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN BERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1575Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1576Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk berupa modul menulis cerpen berbasis pendekatan experiential learning untuk siswa kelas XI SMA/MA dan (2) menguji dan mendeskripsikan kelayakan modul menulis cerpen berbasis pendekatan experiential learning yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, teman sejawat, dan siswa SMA/MA. Metode penelitian mengacu pada metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang meliputi 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Kabupten Pringsewu yang meliputi SMA Negeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, dan SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu pada tahun pelajaran 2017/2018. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan yaitu ahli materi, ahli media, penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMA/MA tersebut. Modul pada penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen di SMA/MA. Hal ini terlihat dari hasil uji ahli materi pembelajaran memperoleh nilai 90,67% dan ahli media memperoleh nlai 85% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan bahan ajar oleh guru Bahasa Indonesia pada kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, dan SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu didapat nilai rata-rata 92,93% dengan kategori sangat layak. Uji coba produk pada kelas kecil dilakukan sebagai bentuk evaluasi awal sebelum diujicobakan di kelas besar dengan perolehan nilai sebesar 85,29% dengan kategori sangat layak. Uji kelas besar dilakukan sebagai bentuk evaluasi rancangan produk modul dengan nilai sebesar 88,07% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan angket uji coba kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan modul menulis cerpen berbasis pendekatan experiential learning layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas XI SMA/MA. Kata kunci: Menulis Cerpen, Modul, dan Pendekatan Experiential Learning. abstract The purposes of this research are (1) to produce the product of module writing short story based on experiential learning for grade XI senior high school, and (2) to test and to describe the module feasibility of writing short story based on experiential learning that are developed based on material experts, media experts, peer assessment, and senior high school student. The method of this research is in accordance to the research and development Borg and Gall such as 1) potency and problem, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design improvement, 6) product trial, 7) product final revision. This research was conducted through observation, interview, and questionnaire dissemination of three school in Pringsewu District including SMA Negeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, and SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu in the academic year 2017/2018. Validation of product design is carried out by relevant experts in material and media, peer assessment, then tested to the senior high school students. Module use in this study fit in learning to write short story at senior high school. This evident from the test result obtained by the value of learning materials expert 90,67% and expert instructional media obtained 85%. with very eligible category. Feasibility material test done by practitioners teachers Bahasa Indonesia in class XI at SMA Negeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, and SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu obtained an average value 92,93% with very eligible category. The test product on small classes performed as the initial evaluation form before tested in a large classroom with the acquisition value of 85,29 % with very eligible category. Big class test conducted as a from evaluation of teaching material design with the acquisition value of 88,07% with very eligible category. Based on the questionnaires that has been done, it can be concluded that module of writing short story based on experiential learning deserves to be used as teaching material for class XI in senior high school. Keyword: Experiential Learning Approach, Module, and Writing Short Story.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 201892150 . Digilib
Date Deposited: 28 Jun 2018 08:13
Last Modified: 28 Jun 2018 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31826

Actions (login required)

View Item View Item