PENGUJIAN DEKOMPOSISI KULTUR MURNI DAN PENGARUH INOKULUM FUNGI Geotrichum sp. PADA PROSES PENGOMPOSAN SERASAH NANAS Ananas comosus (L.) Merr.

Syahnaz Yuliasaputri, 1417021115 (2018) PENGUJIAN DEKOMPOSISI KULTUR MURNI DAN PENGARUH INOKULUM FUNGI Geotrichum sp. PADA PROSES PENGOMPOSAN SERASAH NANAS Ananas comosus (L.) Merr. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (794Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (795Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang diminati oleh masynrakat. Selama ini masyarakat banya rnemakan bagian dalam buahnya dan membuang bagian kulitnya. Limbah scrasah kulit nanas dapat meojadi kompos dalam jangka waktu lama. Proses pengomposan serasah nanas dapat dipercepat dengao bantuan aktivator seperti fungi. Serasah nanas mc:miliki komponen kimia seperti selulosa, hemiselulosa dan lignin. Geotrichum sp. merupakao fungi yang yang bersifot lignolitik sehingga dapat memecah seoyawa kompleks lignin yang terdapar di kulit nanas. Tujuen penelitian ini untuk mclakukan pengujian dckomposisi kultur mumi pada seresah nanas dengan metode PCDT sena mengctahui pengaruh inokulum fungi Geotrichum sp pada proses pengomposan scrasah nanas yang meliputi kadar C, N. P. K dan rasio CIN. Penelitlan ini telah dilaksanakan pada bulan November sampai Fcbrunri 2018 di Labomtorium Mikrobiologi jurusan Biologi FMlPA UN1LA. Menggunakan metodc Raneangan Aeak Lengkap (RAL) dengan J tahap pengujian yaitu pengujian Pure Culture Decomposition Test (pCDT), penghitungan jumlah spora dan CfU serta proses peogomposan.. Data yang dipcrolch dianalisis dcogan anal isis ANOVA (Analis/.r 01 Varia/IS). Jika terdapat perbedaan nyata dilakukan uji lanjut mcnggunakan uji BNT (Beda Nynta TcrkcciJ) pada tam{ nyatn a 50/.. Hasil penelitian menunjukan Fungi Geotrichum sp. dapat, mcndegradasi lignin pads sorghum dan Aplikasi inokulum Geotrichum sp. scbagai fungi Iignolitik sudah mampu menunjulmn pengaruh pada awal proses pcngomposan. Kala kunci : fungi Geotrichum sp, kompos nanas,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201848630 . Digilib
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:25
Terakhir diubah: 29 Jun 2018 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31843

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir