ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING

NAADHIYA ULFA AURINDA, 1411031091 (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (331Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (701Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (702Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Transfer pricing merupakan kebijakan perusahaan dalam menentukan harga transfer suatu transaksi baik itu barang atau jasa yang dilakukan perusahaan. Transfer pricing juga terkadang digunakan perusahaan untuk menaikkan laba perusahaan serta terkadang dapat menekan beban pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel pajak, struktur kepemilikan, exchange rate dan leverage. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah transfer pricing yang di proksikan dengan penjualan ke pihak berelasi. Sampel penelitian ini menggunakan 67 perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016 yang diseleksi berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan. Analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pajak dan struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Variabel exchange rate berpengaruh positif terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Variabel leverage berpengaruh negatif terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Kata Kunci : Transfer pricing, pajak, struktur kepemilikan, exchange rate, leverage ABSTRACT This study aims to determine the factors that influence the company's decision to do transfer pricing. Transfer pricing is the company's policy in determining the transfer price of goods or services transaction. Transfer pricing is also used by companies to raise company profits and can reduce taxes. Independent variables used this research are tax, ownership structure, exchange rate and leverage. Dependent variable in this research is transfer pricing that is proxied with the sale to the related parties. The sample of this research used 67 non-financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2012-2016 which were selected by purposive sampling technique. The data that used in this research is secondary data in the form of corporate financial statements. Analysis of the data using multiple analysis with SPSS 23 software. The results of this study indicate that the variable tax and structure variables doesn’t effect the company's decision to do transfer pricing. Exchange rate variable has a positive effect on the company's decision to do transfer pricing. Leverage variable has a negative effect on the company’s decision to do transfer pricing. Keywords : Transfer pricing, taxes, ownership structure, exchange rate, leverage

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 201848489 . Digilib
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:18
Terakhir diubah: 29 Jun 2018 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31846

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir