EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

RESI INDAH NING SUWARNI, 1413023055 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2895Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2351Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dan ukuran pengaruh (effect size) model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Pringsewu semester genap tahun 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi experimen dengan Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas eksperimen yaitu X MIA 1 menggunakan model problem solving dan kelas kontrol X MIA 3 menggunakan model konvensional. Data keefektivan diperoleh dari hasil tes keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Data dianalisis menggunakan ITEMAN 43 dan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa berkategori “tinggi”. Keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor n-Gain yang berkategori “tinggi” yaitu 0,71 dan kelas kontrol berkategori “sedang” yaitu 0,3. Model problem solving berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa dengan besar pengaruh 94% pada kelas eksperimen dan model konvensional berpengaruh 70% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep, larutan elektrolit dan non elektrolit, model problem solving.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201804435 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2018 03:34
Terakhir diubah: 30 Jun 2018 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31898

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir