ANADIA ROSARIA, 1413023007 (2018) EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ELABORASI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA ARRHENIUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2132Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1716Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep asam basa Arrhenius. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dengan jumlah 180 siswa di SMAN 13 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajran konvensional dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajran discovery learning. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Efektivitas discovery learning ditentukan dari keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep siswa dan didukung dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep siswa berdasarkan rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Selain itu, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori “sangat tinggi” dan hasil rata-rata uji effect size pada kelas eksperimen berkriteria “besar” sedangkan kelas kontrol berkriteria “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa discovery learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep asam basa Arrhenius. Kata kunci: keterampilan berpikir elaborasi, penguasaan konsep, asam basa Arrhenius, discovery learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201875326 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jun 2018 03:16 |
Terakhir diubah: | 30 Jun 2018 03:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31901 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |