APRILIA DWI PUSPITA, 1413023010 (2018) EFEKTIVITAS DISCOVER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR EVALUATIF DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA ARRHENIUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2924Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2484Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan dan ukuran pengaruh (effect size) model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir evaluatif dan penguasaan konsep pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan jenis desain pretest-posttest nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 180 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan 1 kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 4 yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model discovery learning dan 1 kelas control yaitu kelas XI IPA 5 yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dianalisis menggunakan SPSS version 17.0 for windows. Data keefektivan diperoleh dari lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori “tinggi”. Keterampilan berpikir evaluatif siswa pada kedua kelas meningkat berdasarkan rata-rata n-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,11 dengan katagori “rendah” dan pada kelas eksperimen 0,62 dengan kategori “sedang”. Model discovery learning berpengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir evaluatif siswa pada kelas eksperimen, dibuktikan dengan hasil rata-rata uji effect size sebesar 0,92 dengan katagori “besar”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir evaluatif dan penguasaan konsep pada materi asam basa Arrhenius. Kata kunci: keterampilan berpikir evaluatif, penguasaan konsep, asam basa Arrhenius, model discovery learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201840965 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 02:20 |
Terakhir diubah: | 02 Jul 2018 02:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31908 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |