PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI SMP NEGERI 1 KRAGILAN 2017/2018

RIZKY IKA PUSPITASARI, 1413031055 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI SMP NEGERI 1 KRAGILAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2076Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1637Kb) | Preview

Abstrak

Melihat hasil belajar yang belum optimal , maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan proses pembelajaran tersebut adalah dengan mengubah metode pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran kooperatif. Hasil pengujian hipotesis menunjukan : (1) ada perbedaan hasil belajar ips yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). dibandingan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) (2). Rata –rata hasil belajar ips yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaranya menggunakan model pembelajranya kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingan dengan yang pembelajaranya menggunaknan model pembelajaranya kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) dengan diperoleh rata rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 79,37 sedangkan kelas perbandingan hanya 75,17 dengan mean difference sebesar 4,200 dan t hitung 3,873> t tabel 1,667. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Hasil belajar , model pembelajaran kooperatif, ST,NHT.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 201876145 . Digilib
Date Deposited: 02 Jul 2018 09:11
Last Modified: 02 Jul 2018 09:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31957

Actions (login required)

View Item View Item