SUKAMTI , 1413093045 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 REJOMULYO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1675Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1676Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN 2 Rejomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN 2 Rejomulyo Kecamatan Jati Agung menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn dapat ditingkatkan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa, dimulai siklus I mencapai nilai ratarata 56,87 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 80,62 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,75 dari siklus I. ketuntasan hasil belajar meningkat yang semula 40,63% (14 siswa) pada siklus I meningkat menjadi 84,38% (27 siswa) pada siklus II. Kata kunci : Cooperative Learning, Hasil Belajar, Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201868001 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 07:39 |
Terakhir diubah: | 03 Jul 2018 07:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31961 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |