PEMAHAMAN GURU TERHADAP PERISTIWA G 30 S PKI SEBAGAI INFORMAL CONTENT MATA PELAJARAN PPKn DI MADRASAH ALIYAH MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

INKA ATTAHU ULFA , 1443032004 (2018) PEMAHAMAN GURU TERHADAP PERISTIWA G 30 S PKI SEBAGAI INFORMAL CONTENT MATA PELAJARAN PPKn DI MADRASAH ALIYAH MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2110Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1727Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru terhadap peristiwa G 30 S PKI sebagai Informal Content mata pelajaran PPKn di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian satu Guru PPKn, tiga peserta didik kelas X diambil berdasarkan tingkatan nilai (rendah, sedang, tinggi) dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman tes, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PPKn telah memberikan sikap responsif dan proaktif pada film G 30 S PKI sebagai materi informal melalui materi formal yang berhubungan dengan ancaman terhadap negara dan upaya terhadap penyelesaiannya dibidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan dalam Bhineka Tunggal Ika. Respon peserta didik dapat dilihat dari pemahaman peserta didik memaknai sebuah peristiwa secara objektif serta pihak sekolah mendukung pemutaran film G 30 S PKI diberikan pada peserta didik dengan memberikan izin dan fasilitas yang dibutuhkan oleh guru PPKn. Kata kunci : Informal Content, Peristiwa G 30 PKI

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 201860911 . Digilib
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:44
Terakhir diubah: 04 Jul 2018 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32017

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir