PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS IV SEKOLAH DASAR

DIYAN PURNAMASARI, 1623053023 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2515Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2382Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berpikir kritis yang layak dalam pembelajaran berbasis masalah serta mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandarlampung. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 25 siswa kelas IVA SD Negeri 1 Sawah Lama dan 25 siswa kelas IVB SD Negeri 3 Sawah Lama. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian berpikir kritis yang dikembangkan Hasil dari uji coba instrumen dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikirkritis siswa katagori cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil uji coba sebesar 36,00 dalam skala 100. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah ABSTRACT This study aims to develop a viable critical thinking assessment instrument in problem-based learning as well as to know the critical thinking skills of the fourth grade students in Elementary School. The type of research used is research and development that refers to the theory of Borg & Gall. The population in this research is all the fourth grade students of Elementary School of Tanjung Karang Timur subdistrict Bandarlampung City. Samples were taken by using cluster sampling technique as many as 25 students of grade IVA SD Negeri 1 Sawah Lama and 25 students of grade IVB SD Negeri 3 Sawah Lama. Data were collected through questionnaires and test questions. The results showed that the critical thinking assessment instrument developed The result of the instrument test can be concluded that the students' critical thinking ability is quite good. This can be seen from the average value of the trial results of 36.00 in a scale of 100. Keywords: Instrument Asessment, Critical Thinking, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 201816013 . Digilib
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:58
Terakhir diubah: 03 Jul 2018 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32042

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir