Struktur Kalimat dalam Buku Biografi Cut Nyak Din Karya Muchtaruddin Ibrahim dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Ulfa Mia Lestari, 1413041075 (2018) Struktur Kalimat dalam Buku Biografi Cut Nyak Din Karya Muchtaruddin Ibrahim dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2016Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. Skripsi tanpa Pembahasan.pdf

Download (1461Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur kalimat dalam biografi Cut Nyak Din karya Muchtaruddin Ibrahim dan bagaimana implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan struktur kalimat biografi CND berdasarkan fungsi, kategori, dan peran semantis serta implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori tagmemik. Hasil penelitian ini menunjukkan struktur berdasarkan fungsi terdiri atas subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Masing-masing fungsi ditempati kategori dan peran. Subjek ditempati oleh kategori nomina, frasa nominal, dan frasa pronominal. Predikat ditempati kategori frasa nominal, frasa numeral, verba, frasa verbal, adjektiva, dan frasa adjektival. Objek ditempati kategori nomina, frasa nominal, pronomina, dan frasa pronominal. Pelengkap ditempati kategori nomina, frasa pronominal, frasa numeral, verba, frasa verbal, dan frasa adjektival. Keterangan ditempati kategori nomina, frasa numeral, preposisi, dan frasa preposisi. Kemudian, subjek ditempati peran pelaku, pengalam, penderita, tempat, dikenal, dan penerima. Predikat ditempati peran perbuatan, keadaan, pengenal, ukuran, dan pemerolehan. Objek ditempati peran penderita dan hasil. Pelengkap ditempati peran pelaku, penderita, alat, dan jangkauan. Keterangan ditempati peran pelaku, hasil, tempat, sebab, waktu, asal, ukuran, alat, penyerta, cara, jangkauan, penerima, dan perbandingan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai acuan materi pembelajaran guru dalam membelajarakan materi biografi pada kelas X, yaitu pada Kompetensi Inti 3, Kompetensi Dasar 3.15 tentang biografi pada kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LT Textbooks
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 201821342 . Digilib
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:36
Terakhir diubah: 04 Jul 2018 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32049

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir