PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN

RAHMAT ISWOYO, 1413053101 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1668Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1435Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 38 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistic menggunakan independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas V A 76,5 sedangkan nilai rata-rata kelas V B 70,0. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 2,242 > ttabel = 2,021. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, PKn, bamboo dancing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201895624 . Digilib
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:44
Terakhir diubah: 04 Jul 2018 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32054

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir