PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA

IRA NOVITA SARI , 1413023027 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1612Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1367Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh serta ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksaksanakan di SMA Negeri 16 Bandarlampung menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdan diperoleh sampel kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimendan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran SiMaYang diukur berdasar- kan rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimiasiswa, kemudian ukuran besar pengaruh model pembelajaran SiMaYangtersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimiasiswa memiliki kriteria “tinggi”. Model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi asam basa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi kimiasiswa pada materi larutan asam basa. Kata kunci: model pembelajaran SiMaYang , kemampuan literasi kimia siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201815562 . Digilib
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:09
Last Modified: 10 Jul 2018 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32075

Actions (login required)

View Item View Item