SADITA WYDDIA SHIURA , 1413043039 (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1901Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1314Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini membahas mengenai proses pembentukan karakter peserta didik dan apa saja nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran seni tari pada kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter peserta didik dan nilai-nilai yang muncul dalam proses pembelajaran seni tari pada kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni budaya dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran seni tari di kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Bandar Lampung yang berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter peserta didik terjadi pada proses pembelajaran yang berlangsung di kelas dengan melakukan 3 kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada proses pembelajaran tersebut muncul nilai-nilai karakter yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, responsif dan proaktif. Penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan. Maka berdasarkan kelima pertemuan tersebut kategori nilai peserta didik yaitu, dengan kategori baik pada nilai karakter, yaitu religius, disiplin, tanggung jawab dan santun. Untuk nilai dengan kategori cukup pada nilai karakter, yaitu jujur, toleransi, gotong royong, responsif dan proaktif. Kata kunci: pembentukan karakter, nilai karakter, pembelajaran seni tari. THE CHARACTER FORMATION OF LEARNERS FOR DANCE ART LEARNING IN SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG This research discusses process of character formation of learners and what are the values of characters that appear in the learning of dance in class XI TKJ 1 in SMK Negeri 2 Bandar Lampung. The purpose of this study is to describe the process of character formation of learners and the values that arise in the process of learning dance in class XI TKJ 1 in SMK Negeri 2 Bandar Lampung. This type of research is qualitative descriptive. Sources of data in this study are teachers of cultural arts subjects and learners who follow dance learning in class XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Bandar Lampung, amounting to 37 learners. Data collection techniques in this study are questionnaires, observations, interviews, and documentation. The results showed that the character formation of learners occurred in the learning process that took place in the classroom by doing 3 activities of the initial activity, core activities and end activities. In the learning process comes the values of the characters are religious, honest, discipline, responsibility, tolerance, mutual assistance, polite, responsive and proactive. The study lasted for five meetings. So based on the five meetings are the value categories of learners is, with good categories on the value of the character, namely religious, disciplined, responsible and polite. For values with sufficient category on the value of the characters, namely honest, tolerance, mutual cooperation, responsive and proactive. Keywords: character formation, characher value, dance art learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 201874739 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 04:58 |
Terakhir diubah: | 10 Jul 2018 04:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32077 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |