EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tarissa Niswatun Aunillah, 1413022066 (2018) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (831Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (728Kb) | Preview

Abstrak

Pada abad 21, teknologi yang semakin maju dengan pendidikan merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat di implementasikan dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Guru dapat memanfaatkan TIK dalam pembelajaran seperti pemanfaatan internet dan menerapkan konsep belajar jarak jauh melalui pembelajaran online, dan tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Salah satu inovasi pembelajaran yang mengombinasikan dua pembelajaran tersebut adalah blended learning. Blended learning dapat mengatasi kurangnya alokasi waktu pembelajaran di dalam kelas dan mengubah metode mengajar guru yang hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini juga mendorong adanya pembuktian antara pembelajaran blended learning dan pembelajaran ceramah manakah diantara keduanya yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal ini, maka dilakukanlah penelitian dengan jenis blended learning berbasis Learning Management System (LMS) dengan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan efektivitas blended learning pada materi fluida dinamis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 16 Bandar Lampung dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental pretest-posstest control grup design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan blended learning berbasis LMS dengan pendekatan ilmiah memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen yaitu 0,72 (kategori tinggi) dan kelas kontrol 0,49 (kategori sedang). Kata kunci: blended learning, fluida dinamis, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201844971 . Digilib
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:57
Terakhir diubah: 11 Jul 2018 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32097

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir