EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ARRHENIUS

Sutikno, Yuca Aryanti Indrakustantri (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ARRHENIUS. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2_COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1_ ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3_PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5_PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf - Published Version

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2336Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1745Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Data penelitian dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Data primer meliputi pretest dan posttest, serta data hasil angket sebelum dan setelah pembelajaran, sedangkan data sekunder meliputi lembar kinerja guru dan lembar aktivitas siswa. Analisis data menggunakan analisis uji n- Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata indeks gain minat untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,49; dan rerata indeks gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,33 dan 0,55. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t minat dan penguasaan konsep, dimana pada hasil perhitungan didapatkan nilai sebesar 5,83 dan 4,53; sedangkan harga t-tabel sebesar 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi asam-basa Arrhenius melalui model pembelajaran LC 5E iv lebih efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Kata kunci : pembelajaran LC 5E, minat, dan penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 03:09
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir