EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ARRHENIUS

Sutikno, Yuca Aryanti Indrakustantri (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ARRHENIUS. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2_COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1_ ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3_PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5_PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (76Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2336Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1745Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Data penelitian dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Data primer meliputi pretest dan posttest, serta data hasil angket sebelum dan setelah pembelajaran, sedangkan data sekunder meliputi lembar kinerja guru dan lembar aktivitas siswa. Analisis data menggunakan analisis uji n- Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata indeks gain minat untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,49; dan rerata indeks gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,33 dan 0,55. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t minat dan penguasaan konsep, dimana pada hasil perhitungan didapatkan nilai sebesar 5,83 dan 4,53; sedangkan harga t-tabel sebesar 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi asam-basa Arrhenius melalui model pembelajaran LC 5E iv lebih efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Kata kunci : pembelajaran LC 5E, minat, dan penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Jan 2014 03:09
Last Modified: 10 Jan 2014 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item