BERNADETA SWAHYUNING KASIH, 1413022011 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1167Kb) |
||
|
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (989Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandarlampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pengaruh
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201897048 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 06:06 |
Terakhir diubah: | 12 Jul 2018 06:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32108 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |