PENGEMBANGAN LKPD FUNGSI KUADRAT BERBASI SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KONSEP MATEMATIKA

Kartika Eka Pertiwi, 1523021027 (2018) PENGEMBANGAN LKPD FUNGSI KUADRAT BERBASI SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KONSEP MATEMATIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] FIle PDF
tesis kartika eka pertiwi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
Tesis Kartika Eka Pertiwi Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (3207Kb) | Preview

Abstrak

Belajar matematika adalah belajar tentang konsep dan struktur matematika. Studi pendahuluan diketahui bahwa hasil belajar fungsi kuadrat 55% siswa mendapat nilai < 70. Bahan belajar berupa LKPD fungsi kuadrat perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini: Mengetahui apakah LKPD fungsi kuadrat berbasis saintifik pada konsep peserta didik dapat digunakan dalam pembelajaran konsep matematika; Mengetahui apakah pemahaman konsep peserta didik dengan LKPD fungsi kuadrat berbasis saintifik baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Farmasi SMK IB Khalifah Bangsa TP 2017/2018. Pengumpulan data dengan validasi ahli, angket respon peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep. Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi dengan kategori baik, sedangkan oleh ahli media dengan kategori sangat baik. Data respon peserta didik menunjukkan kategori sangat setuju dengan penggunaan LKPD. Pemahaman konsep peserta didik kelas yang menggunakan LKPD fungsi kuadrat berbasis saintifik di kategorikan baik. Hal ini juga ditunjukan dengan tercapainya indikator pemahaman konsep. Kata Kunci: LKPD, Saintifik, Pemahaman Konsep  Learning Math is to understand concept and structure of Mathematics. Preliminary research found that learning result of quadratic function to 55% student was < 70. Learning materials, such as Student Work Sheet (named as Lembar Kerja Peserta Didik/LKPD) need to be developed. The objectives of the research are to know whether LKPD a scientific-based quadratic function on learners' concepts can be used in learning mathematical concepts; to know whether the understanding of learners' concepts with LKPD is a good scientifically based quadratic function. This is a research and development. The subject of the research was students of Class XI Pharmacy of SMK IB Khalifah Bangsa in the Academic Year 2017/2018. Data was collected by expert validation, student questionnaire, and test of concept. Proper test was done by content expert approved good category, and very good category approved by learning media expert. Students approved totally agree to use of LKPD. Understanding the concept of classroom learners using LKPD scientifically based quadratic function in good categorization. This is also indicated by the achievement of conceptual understanding indicators. Keywords: LKPD, Scientific, Concept Understanding

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 201827724 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2022 08:53
Terakhir diubah: 23 May 2022 08:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32130

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir