PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA)

MEDIATI FIRDAUSA, 1413041049 (2018) PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (15Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2305Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro berdasarkan taksonomi kesalahan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan deskipsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan tugas karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa. Selanjutnya karangan tersebut dianalisis berdasarkan dua taksonomi kesalahan berbahasa, yaitu taksonomi siasat permukaan dan taksonomi efek komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro adalah sebagai berikut (1) berdasarkan taksonomi siasat permukaan muncul kesalahan (a) penghilangan (omission), (b) penambahan (addition), dan (c) pembentukan (misformation) dan (2) berdasarkan taksonomi efek komunikatif muncul kesalahan (a) lokal dan (b) global. Ejaan yang dominan mengalami kesalahan adalah penggunaan huruf kapital.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LT Textbooks
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201830563 . Digilib
Date Deposited: 16 Jul 2018 03:57
Terakhir diubah: 16 Jul 2018 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32140

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir