EVALUASI PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMK TUNAS WIYATA WAY TUBA

Fransiska Dwi Ariani, 1413043016 (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMK TUNAS WIYATA WAY TUBA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1415Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1416Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini bagaimanakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari bedana pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dengan menggunakan teknik penilaian diri di SMK Tunas Wiyata. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari bedana pada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor dengan menggunakan teknik penilaian diri di SMK Tunas Wiyata Way Tuba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data guru seni budaya, dan siswa kelas X.1 Jurusan Adsministrasi Perkantoran yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari bedana pada kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotor dengan menggunakan teknik penilaian diri dilaksanakan setelah guru melakukan penilaian dan pengukuran pada materi tari bedana. Pelaksanaan evaluasi dengan menentukan kompetensi yang akan dinilai, menyusun format penilaian diri berupa pernyataan daftar ceklis sesuai acuan kualitas penilaian diri. Guru menjelaskan manfaat dan tujuan evaluasi diri, membagikan format penilaian diri, dan mempersilahkan peserta didik mengisi lembar penilaian diri. Kata Kunci: Evaluasi,Teknik Penilaian Diri, Pembelajaran Tari Bedana. abstract The problem of this research is how to evaluate the learning of bedana dance on the aspect of cognitive, affective, psychomotor using self-assessment technic in SMK Tunas Wiyata. The study aims to describe the implementation of learning evaluation of bedana dance on cognitive, affective and psychomotor aspects using selfassessment technic at SMK Tunas Wiyata Way Tuba. This research used descriptive type qualitative research. Source data is art and culture teacher, and students from class X.1 of offices Adsministrasi studies amounts to 25 students. Technic of data collection is this study are observation, interview and documentation. Technic of data analysis is data reduction, data presentation and verification. Based on data analysis, the implementation of learning evaluation of bedana dance on the affective, cognitive and psychomotor competence using self-assessment technic is carried out after the teacher has done the assessment and measurement on the material of bedana dance. Implementation of the evaluation by determining the competence to be assessed, develop a self-assessment format in the form of a checklist statement according to the quality of self-assessment. The teacher explains the benefits and objectives of selfevaluation, shares self-assessment formats, and lets the learners fill in the selfassessment sheets. Keywords : Evaluation, Technic of Self-Assessment, Bedana Dance Learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 201838995 . Digilib
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:46
Terakhir diubah: 16 Jul 2018 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32154

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir