PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

NURMALA, 1413023048 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3000Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2556Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Si- MaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional serta ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bandarlampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan uji-t n-Gain keterampilan proses sains siswa serta uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,79 dan 0,57. Ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang sebesar 0,94 dengan kate-gori “besar”. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pem-belajaran SiMaYang memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional serta pada kelas eksperimen 94% peningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang. Kata kunci : model pembelajaran SiMaYang, keterampilan proses sains, ukuran pengaruh (effect size).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201871004 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:35
Terakhir diubah: 17 Jul 2018 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32158

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir