PERLINDUNGAN KONSUMEN SEBAGAI NASABAH ASURANSI JIWA DENGAN PREMI TAMBAHAN

ELNITA MASNIARI RUMAPEA, 1322011013 (2018) PERLINDUNGAN KONSUMEN SEBAGAI NASABAH ASURANSI JIWA DENGAN PREMI TAMBAHAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1092Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (855Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Konsumen seringkali dirugikan oleh pelaku usaha yang tidak jujur dan memanfaatkan keadaan pihak konsumen yang apabila ditinjau dari aspek hukum merupakan tindak pelanggaran hukum. Hal ini mengakibatkan pihak nasabah membayar sejumlah uang namun hal tersebut ternyata di dalam kenyataanya sangat tidak ada manfaatnya bagi nasabah itu sendiri tak terkecuali pada asuransi jiwa. Permasalahan dalam tesis ini adalah (1) faktor-faktor penyebab menggunakan premi tambahan, (2) mekanisme premi tambahan dalam asuransi, (3) upaya pencairan dana apabila perjanjian kontrak telah berakhir. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan menggunakan premi tambahan para nasabah asuransi jiwa adalah keinginan dan kebutuhan dari para nasabah pemegang polis dasar untuk menambah manfaat tambahan. Karena sifatnya situasional, maka rider atau premi tambahan tidak otomatis dilampirkan pada polis utama. Pemegang polis harus terlebih dahulu meminta hal ini kepada perusahaan asuransi jiwa. Pencairan dana asuransi dilakukan apabila perjanjian kontrak berakhir adalah dengan melampirkan surat keterangan asli baik dari Kepolisian maupun dari Rumah Sakit. Apabila terjadi sengketa, konsumen diberikan hak untuk menggugat pelaku usaha dan menyelesaikan perselisihan yang timbul melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau dengan cara mengajukan gugatan ke Pengadilan. Dengan demikian penyelesaian sengketa klaim asuransi dapat dilakukan melalui peradilan dan di luar peradilan. Pada akhirnya disarankan kepada Perusahaan sebagai penyedia jasa asuransi hendaknya dapat memberikan perlindungan hukum bagi nasabahnya dengan cara melakukan evaluasi dan identifikasi berkaitan dengan kemudahan dalam memberikan penggantian uang premi kepada nasabah terkait dengan premi tambahan dan kepada Nasabah/masyarakat hendaknya perlu kehati-hatian sebelum memilih asuransi. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Nasabah, Asuransi Jiwa, Premi Tambahan abstract Consumers are often harmed by dishonest business and exploit the circumstances of the consumer who when promoted from the legal aspect is trespass of law. This resulted the customer’s pay a certain amount of money but it turned out that in reality there is no benefit for the customer is no exception on life insurance. The problems in this thesis are (1) The factors causing additional premiums, (2) The mechanism of additional premiums in insurance, (3) The disbursement of funds if the contact agreement has expired. The approach method used this research is the normative juridical approach and empirical juridical approach. The results show that the factors that lead to the use of additional premiums of life insurance customers are the desires and needs of the customers of the policyholders to add additional benefit. Due to its situational nature, the rider or the additional premiums are not automatically attached to the main policy. The policyholders must firs ask this to the life insurance company. Disbursement of insurance funds is made if the contact agreement ends is to enclose the original certificate form both the Police and the Hospital. In the event of the dispute arising through the Consumer Dispute Resolution Body or by appointing the suit to the Court. Thus the dispute resolution of insurance claims can be made through the judiciary and outside judiciary. In the end it is advisable to the company as a hazard insurance provide legal protection to its customers by conducting and evaluation and identification to customers related to additional premiums and to customers/communities should be careful before choosing insurance. Keywords: Consumer Protection, Customers, Life Insurance, Additional Premiums.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > KZ Law of Nations
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Hukum S2
Pengguna Deposit: 201804475 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2018 08:11
Terakhir diubah: 18 Jul 2018 08:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir