PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT

SUCI KEMALASARI, 1413053128 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2041Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1712Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 50 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan lembar observasi. Pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran tipe jigsaw dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar dengan pengaruh 0,7 kriteria sedang. Hasil Uji-t diperoleh data thitung sebesar 2,76 sedangkan ttabel sebesar 1,677, perbandingan tersebut menunjukkan (2,76 > 1,677) berarti Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, IPS

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 201856231 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:33
Last Modified: 19 Jul 2018 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item View Item