UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SD NEGERI 1 GUNUNG SULAH T.P 2017/2018

NIZA IRAWAN, 1013069093 (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SD NEGERI 1 GUNUNG SULAH T.P 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1273Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1027Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 1 Gunung Sulah pada mata pelajaran IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh lalu di analisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II kategori “cukup aktif” menjadi “aktif”. Sedangkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dari kategori “sangat kurang baik” menjadi “baik” atau meningkat dari 32% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model discovery learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201832122 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2018 06:33
Terakhir diubah: 19 Jul 2018 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32195

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir