PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

RIDWAN RISKI YUWARDI , 1443053047 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1128Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1128Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen di SD Negeri 4 Pagelaran tahun pelajaran 2017/2018, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan kognitif dan non-tes untuk mengetahui aktivitas peserta didik. Data di analisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci : hasil belajar, Think Pair Share, pembelajaran tematik. abstract The problem of this research is the low learning outcomes of students towards thematic learning. The aim of this research is to find out the influence of the cooperative learning's model of Think Pair Share types towards the students learning's outcome in thematic learning. Sample of this research are the students of IV A class as the control class and IV B class as the experiment class in SD Negeri 4 Pagelaran from academic year 2017/2018 batch, which is gained by purposive sampling technique. Method of research used by the writer is quasi experimental with nonequivalent control group as research design. The instrument in this study is a test to determine the cognitive and non-test capabilities to determine the activities of learners. The Data is analyzed by using simple linear regression and U Mann- Whitney test. This reseach resulted that cooperative learning model of Think Pair Share type gives influence into the learning outcomes on thematic learning towards students in the fourth grade of SD Negeri 4 Pagelaran academic year 2017/2018. Keywords : learning outcomes, Think Pair Share, thematic learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201881320 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:00
Terakhir diubah: 19 Jul 2018 07:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32210

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir