PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR

M KHAIRU RIZAL, 1443053034 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1353Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (846Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur yang berjumlah 42 yang terdiri dari kelas A dan B yang sekaligus dijadikan sampel penelitian, sebagai sampel total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes sebagai metode primer dan observasi sebagai metode sekunder, sedangkan analisis data digunakan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri, ini berarti penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri, IPA. abstract The problem in this research is the result of study IPA students at class IV SDN 1 Metro Timur is still low. The aim of this research is to find out the influence of model inquiry learning to the students IPA result.The type of this research used is quantitative research which a pseudo experiment and use post test only control group design. The population in this research is all students grade IV SDN 1 Metro Timur. There are 42 students from class A dan class B which all of students as sample of research called total sampling. The technique of collecting data is test as primer method and observation as sekunder method and then analysis data used in this research is linier regression test and t-test. The outcomes of this research indicates there is an influence of inquiry learning to the result of students IPA learning. This is evidenced that result of learning IPA of students using inquiry is higher than non-inquiry, indicates used inquiry can help to increase result of students learning IPA. Keywords: models,inquiry, result of study, IPA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201871871 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2018 06:48
Terakhir diubah: 19 Jul 2018 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir