PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI PIRING DUA BELAS MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP ISLAM KEBUMEN

KUAT SLAMET WIDODO , 1413043023 (2018) PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI PIRING DUA BELAS MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP ISLAM KEBUMEN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3806Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3171Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ragam gerak tari piring dua belas menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Islam Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teori pembelajaran yang digunakan yaitu teori behavioristik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Islam Kebumen yang berjumlah 10 siswa. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru memberikan materi gerak pada siswa, ragam gerak yang diajarkan yaitu sembah, ngakhelap, ngahelop, sebatang masuk, sebatang keluar, laga puyuh dan nokokh. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil pembelajaran ragam gerak tari piring dua belas menggunakan metode drill menunjukan bahwa siswa mampu memeragakan setiap ragam gerak tari piring dua belas sesuai dengan yang diajarkan oleh guru. Kata kunci: Pembelajaran, Tari Piring, Metode Drill LEARNING DIVERSE MOVEMENT PIRING DUA BELAS DANCE USING DRILL METHODS ON THE EXTRACURRICULAR ACTIVITIES OF DANCE ART AT SMP ISLAM KEBUMEN This study aims to describe the learning range of motion piring dua belas dance using drill method on extracurricular activities dance in SMP Islam Kebumen. This research uses descriptive method through qualitative approach. Learning theory used is behavioristic theory. The data sources in this study were teachers and students who followed the extracurricular activities of dance art in SMP Islam Kebumen which amounted to 10 students. Data collection techniques in this study are observation, interview and documentation. The implementation of the learning activities of teachers to give the material motion on students, the range of motion is taught that is sembah, ngakhelap, ngahelop, sebatang masuk, sebatang keluar, laga puyuh and nokokh. Based on the result of learning the range of motion piring dua belas dance using method drill shows that students are able to demonstrate the range of motion piring dua belas dance in accordance with what is taught by the teacher. Keywords: learning, piring dance, drill method

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 201877865 . Digilib
Date Deposited: 20 Jul 2018 06:51
Last Modified: 20 Jul 2018 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item View Item