MENURUNNYA JUMLAH ANGKUTAN KOTA JURUSAN METRO-KAMPUS DI KOTA METRO TAHUN 2017

RAHMA DYAN PUSPITA, 1313034098 (2018) MENURUNNYA JUMLAH ANGKUTAN KOTA JURUSAN METRO-KAMPUS DI KOTA METRO TAHUN 2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1308Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (697Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penyebab menurunnya jumlah angkutan kota jurusan Metro-Kampus yang beroperasi di Kota Metro pada tahun 2017. Titik kajian utamanya antara lain (1) kendaraan pribadi, (2) munculnya ojek online dan (3) penumpang jurusan tertentu bersifat insidental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif. Populasinya adalah 16 orang sopir angkutan kota, namun pengambilan sampel hanya 8 sopir dikarenakan kesulitan dalam pengambilan data informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif, karena data empiris yang diperoleh berupa data kualitatif yang berwujud kata-kata dan bukan rangkaian angka serta tidak dapat diklasifikasikan. Hasil penelitian, menurut persepsi sopir angkot jurusan Metro-Kampus dapat disimpulkan bahwa semakin bertambahnya kendaraan pribadi khususnya sepeda motor dan beralihnya masyarakat menggunakan ojek online yang menjadi penyebab menurunnya jumlah angkot. Selain itu juga karena mayoritas daerah kampus berisi mahasiswa dan pelajar yang mempunyai jadwal akademik tersendiri menjadikan angkot jurusan Metro-Kampus di Kota Metro banyak yang berhenti beroperasi karena ketidakpastian penghasilan. Kata kunci : angkutan kota, transportasi, kampus ABSTRACT This research was purposed to obtain information on the causes of the decreasing in the number of city transport Metro-Kampus route that operates in Metro City at year 2017. The main research points are (1) private vehicles, (2) the appearance of online taxi-bike, (3) passenger on a certain route are incidental. The research method used are descriptive explorative method. Population were 16 drivers of city transport, but the sample taken were just 8 drivers due to difficulties in taking the informant data. Data collection techniques used are field observation, interview, and documentation. Analysis technique used are qualitative technique, because empirical data that obtained in the form of qualitative data which is words and not a series of number and can not be classified. The result of research, according to city transport drivers route Metro-Kampus perception can be concluded that the increasing of private vehicle especially motorbike and the switching of society using online taxi-bike which cause the decrease of city transport amount. In addition, because the majority of the campus area contains university students and students who have their own academic schedule to make a lot of city transport Metro-Kampus route stop operating because of the uncertainity of income. Keywords : city transport, transportation, campus

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 201842028 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2018 08:57
Terakhir diubah: 24 Jul 2018 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32275

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir