PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

FEBRI SULIH PAMBUDI , 1413023020 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3236Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2382Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Seputih Agung ini bertujuan untuk men-deskripsikan pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran isu sosiosaintifik. Pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji perbedaan dua rata-rata n-Gain, pada kelas eksperimen memiliki pengaruh lebih besar terhadap peningkatan kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa dibandingkan kelas kontrol dan juga menunjukkan bahwa pembelajaran isu sosiosaintifik memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa dengan effect size sebesar 0.836 dan memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemampuan efikasi diri siswa dengan effect size sebesar 0.776. Kata kunci: literasi kimia, isu sosiosaintifik, efikasi diri siswa,.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201898585 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2018 08:23
Terakhir diubah: 24 Jul 2018 08:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32279

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir