PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

PINA BUDIARTI PRATIWI , 1413023049 (2018) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1414Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1215Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bandarlampung semester genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian di-ambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 9 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 2 Bandarlampung. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan The Static-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data kemampuan penalaran dan keterampilan berpikir kritis menggunakan rata-rata n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ngain keterampilan berpikir kritis dan kemampuan penalaran pada kelas eksperimen masing-masing adalah 0,61 dan 0,68. Pada kelas kontrol rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis dan kemampuan penalaran berturut-turut adalah 0,34 dan 0,46. Hal tersebut menunjukkan baik keterampilan berpikir kritis maupun kemampuan penalaran pada kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata n-gain ke-las kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan keterampilan ber-pikir kritis siswa Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, erosi email gigi, keterampilan berpikir kritis, kemampuan penalaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201833546 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:27
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32282

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir