PINA BUDIARTI PRATIWI , 1413023049 (2018) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1414Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1215Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bandarlampung semester genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian di-ambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 9 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 2 Bandarlampung. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan The Static-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data kemampuan penalaran dan keterampilan berpikir kritis menggunakan rata-rata n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ngain keterampilan berpikir kritis dan kemampuan penalaran pada kelas eksperimen masing-masing adalah 0,61 dan 0,68. Pada kelas kontrol rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis dan kemampuan penalaran berturut-turut adalah 0,34 dan 0,46. Hal tersebut menunjukkan baik keterampilan berpikir kritis maupun kemampuan penalaran pada kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata n-gain ke-las kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan keterampilan ber-pikir kritis siswa Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, erosi email gigi, keterampilan berpikir kritis, kemampuan penalaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201833546 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 02:27 |
Terakhir diubah: | 25 Jul 2018 02:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32282 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |