EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

SELLY AGUSTIN, 1413023061 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FKIP.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2849Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2159Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Oleh Selly Agustin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih dalam meningkatkan kete- rampilan berpikir kreatif siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling di SMA YP Unila Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest and Postest Control Group. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori sedang, serta terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata postes di kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, limbah cairan pemutih.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201873891 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:37
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32286

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir