EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

SELLY AGUSTIN, 1413023061 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FKIP.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2849Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2159Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Oleh Selly Agustin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih dalam meningkatkan kete- rampilan berpikir kreatif siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling di SMA YP Unila Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest and Postest Control Group. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori sedang, serta terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata postes di kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, limbah cairan pemutih.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201873891 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:37
Last Modified: 25 Jul 2018 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32286

Actions (login required)

View Item View Item