PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

TANIA AMALIA FITRI , 1413023064 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3392Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2719Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu materi yang sering mengalami miskonsepsi adalah materi titrasi asam basa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi sebesar 56,65%terjadi karena siswa kurang mampu menuliskan persamaan reaksi ionisasi dan sebesar 53,33% siswa sulit menentukan indikator yang akan digunakan pada percobaan titrasi asam basa.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis perubahan konseptual pada materi titrasi asam basa, mendeskripsikan karakteristik dan validitas LKS, mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa, serta mendeskripsikan kendala-kendala dalam pengembangan LKS berbasis perubahan konseptual pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembanganatau Research and Development (R&D).Hasil validasi ahli oleh dua dosen ahli terhadap kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaanmenunjukkan bahwa rata-rata persentase penilaian validator terhadap ketiga aspek sebesar 89,35% dan berkategori sangat tinggi, dilakukan beberapa revisi terhadap LKS berbasis perubahan konseptual. Uji coba lapangan awal bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap LKS berbasis perubahan konseptual yang dikembangkan. Uji coba lapangan awal dilakukan di SMA Negeri 3 Bandarlampung. Hasil tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan adalah sebesar 90,29%; 91,25%; dan 87,90% dan dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap aspek kemenarikan dan keterbacaan sebesar 93,11% dan 92,36% yang semuanya dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian, LKS berbasis perubahan konseptual pada materi titrasi asam basa yang dikembangkan layak dijadikan media pembelajaran. Kata kunci : Lembar kerja siswa, perubahan konseptual, titrasi asam basa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201830886 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 04:28
Last Modified: 25 Jul 2018 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32299

Actions (login required)

View Item View Item