PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

TIA DWI ANGGRA YANI, 1413023065 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2081Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1602Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Miskonsepsi siswa masih terjadi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit seperti siswa menganggap semua larutan elektrolit merupakan senyawa ion se-hingga diperlukan suatu media untuk meminimalisir miskonsepsi tersebut. Pene-litian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis perubahan konseptual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, mendeskripsikan tanggapan guru, tanggapan siswa dan kendala yang ditemui. Desain penelitian ini menggunakan desain research & development (R&D). Penelitian ini terbatas pada lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perancangan produk, pengembangan produk awal, uji coba rancangan awal, dan revisi hasil uji coba. LKS yang di-kembangkan dinilai pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi de¬ngan masing-masing persentase 79,69%, 87,24% dan 83,13% dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Uji coba lapangan awal dilakukan untuk mengetahui tanggapan guru dan tanggapan siswa di SMAN 3 Bandarlampung. Aspek yang dinilai untuk tanggapan guru meliputi kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi sedangkan tanggapan siswa meliputi kemenarikan dan keterbacaan. Hasil persen-tase tanggapan guru untuk kesesuaian isi yaitu 92,42%, keterbacaan 92,64%, dan konstruksi 95% . Adapun hasil persentase tanggapan siswa untuk keterbacaan ya-itu 80,71% dan kemenarikan 81,09%. Dengan demikian dapat disimpulkan bah¬wa LKS berbasis perubahan konseptual pada materi larutan elektrolit dan non e-lektrolit yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: lembar kerja siswa, perubahan konseptual, larutan elektrolit dan non elekrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201807774 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 04:38
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32303

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir