EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK

KHASMAR HASUNG P.W. , 1413023032 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2552Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2211Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan menggunakan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design dengan tipe factorial 2x2. Penentuan sampel pada peneli-tian adalah menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII B di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung yang masing-masing sebagai kelas ekspeimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah LKPD dengan model ADI, soal pretes dan postes. Teknik analisis data meng-gunakan uji Ankova dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembel-ajaran model ADI efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kemampuan akademik tinggi dan siswa kemampuan akademik rendah, (2) siswa kemampuan akademik tinggi mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis yang tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah. Jadi berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis, model pembel-ajaran ADI.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201899156 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:19
Terakhir diubah: 26 Jul 2018 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32305

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir