EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MERY ARISANDI LUMBU , 1413023038 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3364Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2718Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol di SMA YP Unila Bandarlampung, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori tinggi, serta terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata postes di kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, pencemaran limbah cairan pemutih

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201897208 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:54
Last Modified: 25 Jul 2018 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32312

Actions (login required)

View Item View Item