ALFONSA DYAH LINTANG MAHERATRI, 1443053003 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD SEJAHTERA 1 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1714Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1562Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Sejahtera 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV dan perbedaan antara hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Sejahtera 1 Bandar Lampung dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Sejahtera 1 Bandar Lampung yang berjumlah 60 siswa dan sampel kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Regresi Sederhana dan Uji-t Dua Sampel Bebas. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis tematik terhadap hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas IV dan ada perbedaan antara hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis tematik. Kata kunci: hasil belajar IPS, pengaruh problem based learning, dan tematik ABSTRACT The problem in this research is the low of IPS learning result in fourth grade students of SD Sejahtera 1 Bandar Lampung. The purpose of this research is to know the effect of Problem Based Learning model on IPS learning outcomes in fourth grade students and the difference between IPS learning outcomes of fourth grade students of SD Sejahtera 1 Bandar Lampung with those who do not use Problem Based Learning based thematic learning model. The method used in this research is experimental research using non equivalent control group design. The population of this study are all students of grade IV SD Sejahtera 1 Bandar Lampung, which amounts to 60 students and sample class IVA as experimental class and IVB as a control class with purposive sampling technique. Data analysis using Simple Regression and Test-t Two Free Samples. The result of the research shows that there is influence of the application of Problem Based Learning based on thematic model to the learning result of IPS in the fourth grade students and there is difference between the learning result of IPS of the fourth grade students and those who do not use the thematic Problem Based Learning model. Keywords: IPS study results, effect of problem based learning ,and thematic
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201879572 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 07:33 |
Terakhir diubah: | 25 Jul 2018 07:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32316 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |