PENYIMPANGAN PENULISAN DALAM BIDANG MORFOLOGI PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 22 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ahmad Pandu Maizaldi, 1413041001 (2018) PENYIMPANGAN PENULISAN DALAM BIDANG MORFOLOGI PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 22 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1632Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1632Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penyimpangan penulisan afiksasi pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (2) mendeskripsikan penyimpangan penulisan reduplikasi pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) mendeskripsikan penyimpangan penulisan kata majemuk pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 22 Bandarlampung sementara data dalam penelitian ini adalah penyimpangan penulisan bidang morfologi dalam karangan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pemberian tes. Siswa diberikan tugas untuk membuat karangan deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam karangan deskripsi siswa terdapat penyimpangan penulisan afiksasi, penyimpangan penulisan kata ulang (reduplikasi), dan penyimpangan penulisan kata majemuk. Penyimpangan tersebut terbagi atas 95 penyimpangan penulisan afiksasi dengan persentase penyimpangan 7,45%, 13 penyimpangan penulisan kata ulang (reduplikasi) dengan persentase penyimpangan 5,93% dan 1 penyimpangan penulisan kata majemuk dengan persentase penyimpangan 0,64%. Dari penyimpangan yang telah ditemukan, penyimpangan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah penyimpangan penulisan afiksasi dengan persentase penyimpangan 7,45% dari total 95 penyimpangan penulisan afiksasi dengan jumlah penggunaan afiksasi sebanyak 1.274. Sedangkan penyimpangan yang paling sedikit dilakukan adalah penyimpangan penulisan kata majemuk dengan persentase penyimpangan 0,64% dari total 1 penyimpangan penulisan kata majemuk dengan jumlah penggunaan kata majemuknya sebanyak 155. Kata kunci: penyimpangan penulisan, bidang morfologi, karangan deskripsi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201862271 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:09
Terakhir diubah: 26 Jul 2018 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32331

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir